Pesantren Kalangsari Cijulang Pangandaran

Kalangsari berasal dari bahasa sunda yang terdiri dari dua kata yaitu Kalang dan Sari. Kalang artinya tempat atau arena sedangkan sari artinya indah yang diidentikan dengan putik sari bunga. Jadi Kalangsari artinya tempat yang penuh dengan keindahan. Dalam hal ini keindahan tersebut dapat diartikan sebagai keindahan majazi maupun hakiki, secara hakiki berarti segala sesuatu yang setiap orang gembira dengan keadaan lingkungan yang asri, hijau dan sungai yang mengalir. Keindahan secara majazi berarti Pondok Pesantren Kalangsari diumpamakan sebagai keindahan yang setiap orang dapat dengan rasa nyaman dan gembira menuntut ilmu dan mengembangkan potensinya guna membentuk generasi muslim yang berkualitas.

Pondok Pesantren Kalangsari di dirikan oleh KH Abdul Madjid yang lebih dikenal dengan sebutan Agan Didi pada tahun 1928 dengan diawali oleh 10 orang Santri, mereka membuka lahan belantara untuk dijadikan tempat menuntut ilmu. Pertama kali beliau mendirikan sebuah Mesjid yang sampai saat ini masih ada dan masih terlihat keasliannya walaupun sudah mengalami beberapa kali pemugaran.

Pada tahun 1970 KH Abdul Madjid meninggal dan digantikan oleh KH. Muhammad Tasdikin hingga tahun 1995. Sejak itulah perkembangan Pondok Pesantren Kalangsari semakin pesat dengan didirikannya lembaga pendidikan formal seperti Pesantren Tsanawiyah didirikan pada tahun 1976, Pesantren Aliyah pada tahun 1982 sekaligus mendirikan Yayasan Pendidikan Kalangsari yang sampai sekarang di Pimpin Oleh KH. Moch Hayat Arifin. Sepeninggal KH. Muhammad Tasdikin kepemimpinan beralih kepada KH. Bahrudin dan KH Muchsin. Sampai sekarang, kemajuan yang dicapai seperti : Majlis Ta’lim (sejak KH Abdul Madjid 1928), Pondok Pesantren, Pesantren Aliyah (MA), Pesantren Tsanawiyah (MTs), Madrasah Ibtidaiyah (MI) pada tahun 2008, Diniyah Takmiliyah Awaliyah (2001),  KBIH (2004), dan Sekolah Luar Biasa (SLB) pada tahun 2005.

Secara kelembagaan Pesantren berada dibawah Yayasan yaitu Yayasan Pendidikan Kalangsari (YPK), yang membawahi beberapa lembaga yaitu Majlis Ta’lim, Pondok Pesantren, Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Ibtidaiyah, Diniyah Takmiliyah Awaliyah, Sekolah Pesantren Luar Biasa (SLB) dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

Pesantren Kalangsari terletak di Dusun Kalensari RT 26 RW 06 Desa Kondangjajar Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis. Lokasinya sangat ideal untuk pengembangan dunia pendidikan karena terkesan jauh dari keramaian.

Pondok Pesantren Kalangsari memiliki nomor statistik 512320902307.

Tentang santrikalangsari

Pesantren kalangsari mendidik menjadi santri berprestasi dan berakhlakul karimah
Pos ini dipublikasikan di Kepramukaan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s